Sabtu, 25 Februari 2017

TOC II Lampung: Berkenalan dengan Kahoot!

TOC (Training OF Coach) II Lampung merupakan kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh IGI (Ikatan Guru Indonesia) propinsi Lampung. Lanjutan dari kegiatan yang sama sebelumnya yang telah dilaksanakan di Perguruan Al-kautsar pada bulan Desember 2016 yang lalu. Tujuan kegiatan TOC II ini adalah memberikan pemantapan materi bagi para calon trainer-trainer asal Lampung. Pada TOC I materi tentang sosialisasi penggunaan Samsung tab A8 dalam pembelajaran dipandu oleh Trainer IGI Pusat, pak Danang Hidayatullah. Dan beliau masih sebagai instruktur pada kegiatan TOC II. Pada TOC II paparan tentang pemantapan dan pengoptimalan penggunaan Samsung tab A8 di hari pertama, yaitu hari Sabtu tanggal 25 Februari 2017 dan kegiatan sagusablog (satu guru satu blog) di hari kedua, yaitu Minggu, 26 Februari 2017. Peserta TOC Lampung ini adalah guru-guru anggota IGI dan non anggota.

Kegiatan ini dirasa sangat besar manfaatnya oleh para peserta untuk pengembangan kompetensi profesional dan karir guru. Termasuk penulis pribadi sebagai peserta. Penulis selama ini hanya tahu tentang beberapa e-learning yang sudah populer seperti edmodo, moodle, schoology, quipper school atau e-lerning yang di produksi oleh microsoft dan google. Ternyata masih banyak jenis e-learning yang sudah publish di internet yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. salah satu aplikasi e-learning yang berbasis game sederhana adalah aplikasi "Kahoot" yang diperkenalkan oleh pak Danang Hidayatullah dalam TOC II Lampung.

Kahoot sangat mudah untuk digunakan oleh guru dimanapun berada. Kahoot adalah quiz online yang dibuat sendiri oleh guru melalui aplikasi Kahoot yang dapat disearching di google. Guru perlu mendaftar dan memiliki akun Kahoot secara gratis terlebih dahulu sebelum membuat quiz. Kahoot menjadikan kelas menarik apabila murid menjawab quiz secara online dan siswa tetap online pada layout kahoot yang telah di download oleh siswa melalui google playstore. Siswa mana yang dapat menjawab quiz dengan cepat dan benar akan dapat dilihat ada layout guru.


Cara mengoperasikan kahoot secara sederhana sebagai berikut!

  1. Guru perlu membuka laman kuiz Kahoot terlebih dahulu.
  2. Murid pula membuka https://kahoot.it/.
  3. Di layout projektor guru, terdapat nombor PIN yang perlu disalin dan dimasukkan ke dalam laman quiz murid.
  4. Di layout murid, hanya 4 jenis bentuk objek jawaban yang dapat dilihat.
  5. Murid dikehendaki memilih dan menekan jawaban/bentuk yang benar berdasarkan pertanyaan di layout proyektor akun kahoot guru.
  6. Penilaian dilakukan dan pemenang ditentukan setelah quiz di jalankan. Hebat bukan!

1 komentar: